Senin, 15 Oktober 2012


2.Macam - macam layanan E-mail

a. POP (Post Office Protocol)
Sistem ini mempunyai keunggulan dalam mengirim dan menerima surat. Sistem e-mail mengendalikan sistem ISP sebagai kantor pos yang menampung semua surat-surat yang akan dikirim pelanggan akan diuntungkan karena surat akan cepat ditransfer secara lokal ke ISP sehingga banyak mengurangi waktu online. Kelebihan POP mail antaralain email dapat dibaca secara offline (tidak konek ke internet). Untuk mengecek e-mail jenis ini, kita terlebih dahulu harus connect ke server POP mail, kemudian mendownload seluruh e-mail yang ada, setelah itu baru kita bisa memutuskan hubungan internet dan membaca e-mail tersebut. Sedangkan kekurangan POP mail kita tidak bisa mengecek e-mail disembarang tempat atau warnet lain. Untuk menjalankan POP mail digunakan program client mail seperti Outlook express.

b. Web Based E-mail
Layanan e-mail ini pengaksesannya melalui Web site, dimana mengutamakan kemudahan akses ke dalam MailBox (kotak surat) secara gratis dengan menggunakan World Wide Web sebagai media untuk masuk ke dalam mailbox tanpa memperdulikan pelanggannya berasal dari ISP tertentu, selain itu tidak membutuhkan program e-mail khusus seperti Microsoft outlook, Eudora, dan lainnya. Kelemahan sistem ini adalah hal kecepatan transfer (kirim dan terima) surat tergantung dari Bandwith dari ISP ke dalam WWW.

Membedakan Sifat layanan antara POP 3 Mail dengan Web-based E-mail
Untuk membedakan sifat pelayanan POP 3 mail dengan web-based mail, kita harus tahu jenis-jenis layanan e-mail. Tiga jenis layanan e-mail yaitu:

• E-mail Forwading
E-mail ini berguna bagi pengguna yang suka berganti e-mail karena belum menemukan e-mail yang cocok . Pengguna dapat menyembunyikan alamat e-mail sesungguhnya dan tidak perlu memberitahu e-mail anda yang baru, namun cukup alamat e-mail forwarding. Karena e-mail ini sebagai perantara , maka membutuhkan waktu lama untuk sampai tujuan

• Web based e-mail
E-mail ini merupakan e-mail gratis yang ditawarkan oleh beberapa situs antara lain Yahoo.com, Hotmail.com dan mailcity.com. Pengguna dapat memeriksa e-mailnya dari mana saja dan melalui browser apa saja, dengan terhubung dengan internet.
• POP mail
POP 3 adalah POP versi tiga dimana email yang diterima dari ISP dapat dibaca secara off line tanpa terhubung dengan internet

MailBox di Kantor Pos dan MailBox E-Mail
Mailbox merupakan tempat menyimpan surat-surat penting pada folder atau directori pada komputer.


a. Mailbox di kantor Pos
Mailbox di kantor pos adalah penyimpanan surat secara fisik. Mailbox di kantor pos mempunyai nomor identitas (User ID) dan password pada saat mendaftar. Selain itu user akan mendapatkan kotak pos yang dipasang di depan kantor pos, dimana setiap kotak pos tertera nomor kotak atau user ID dan kunci yang secara fisik dapat dikatakan password kotak tersebut.

Mailbox secara fisik di kantor pos terdiri dari 3 jenis yang disebut dengan istilah-istilah berikut :
• Kotak surat, yang terpasang didepan rumah
• Bis surat, kotak yang dipasang dijalan-jalan tetentu
• Kotak surat, yang dipasang di depan kantor pos

b. Mailbox e-mail
Mailbox e-mail (logik) adalah penyimpan surat dengan cara mengakses melalui jaringan internet. Untuk mendapatkan User ID dan Password harus registrasi atau membuat e-mail lewat ISP atau e-mail gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar